Subscribe:

Wednesday 5 June 2013

sekilas pengertian (TKJ) Teknik Komputer dan Jaringan

Rasanya agak aneh yah, membuat blog atas nama TKJ tapi belum pernah posting tetang kejuruan macam apa itu TKJ. pasti banyak yang bertanya tanya TKJ itu apa sih? umumnya para adik adik SMP yang baru saja lulus dan berniat untuk melanjutkan pendidikannya di jenjang Sekolah Kejuruan yang menawarkan jurusan TKJ. 
TKJ bersama kenangan
Nah, TKJ adalah singkatan dari Teknik Komputer dan Jaringan yang merupakan cabang dari program keahlian teknik informatika, dimana dengan cabang lainnya yaitu Multimedia (MM). Kompetensi keahlian TKJ ini mempelajari banyak hal menyangkut tentang pendalaman di bidang komputer dan jaringan. dimana kita diberi dasar dasar mengenai perangkat perangkat keras (hardware) di dalam komponen komputer dan juga perangkat lunaknya (software). Selain itu kita diajar bagaimana membuat sebuah jaringan sederhana yang nantinya akan sangat dipergunakaan di dalam masyarakat. 

Dikelas X, atau sepuluh kita diajar bagaimana cara merakit beberapa komputer dan laptop. juga beberapa komponen lainnya semisal printer, apabila membongkar suatu PC kita diajar untuk mengenali semua komponen yang ada didalamnya, mendeskripsikan spesifikasinya misal hardisk, tipenya apa, mereknya, kapasitasnya, fungsinya, perkembangannya, dan masih banyak lagi. selain itu kita diajar untuk mendiagnosis kerusakan yang terjadi pada sebuah PC. kemudian mengelompokannya sesuai jenis kerusakannya. kode kode kesalahan baik yang didengarkan melalui suara (beep) ataupun yang terlihat. selain belajar dari komputer komputer di lab, mungkin kita akan diajak keluar untuk melihat kerusakan kerusakan komputer di sekitar sekolah kita baik itu di kantor kantor maupun disekolah sekolah lain. karena guru mengharapkan kita agar kita tidak berangan angan saja melainkan langsung mempraktekan apa yang diketahui. Dikelas XI kita mulai diajar mengenai jaringan local, misal membuat kabel UTP dan menghubung hubungkan komputer sekitar dengan menggunakan switch, menggunakan satu printer untuk dipakai 30 siswa dalam kelas dengan satu slot. menarik bukan. tapi sebelum itu melaksanakan PRAKERIN merupakan hal yang sangat mendominasi pertambahan pengetahuan yang menjadi keahlian siswa. karena selain belajar langsung di dunia luar (industri), kita juga mendapat pengetahuan tentang arti sebuah kehidupan. saaah. nah dikelas XII,, coba aja sendiri masuk jurusan TKJ.

SMK memang mengutamakan praktek dari pada teori karena hal inilah yang sangat membedakan SMA dengan SMK. yang pernah saya dengar 70% merupakan jam praktek dan 30% merupakan jam untuk teori. kelengkapan peralatan dan SDM pengajar juga sangat mendukung tercipta langkah SMK lebih baik dari SMA. karena apalah artinya sebuah sekolah yang tak dilengkapi dengan sarana yang dapat membuat pola pikir seorang siswa berkembang.

0 comments:

Post a Comment