Subscribe:

Wednesday 20 March 2013

Contoh Soal Teori Kejuruan TKJ


Soal PAKET 2
TEORI KOMPUTER JARINGAN

Disusun oleh :
KELOMPOK II

-        Muh. Syukur
-        Agustinus
-        Sri Ekawati
-        Syamsul
-        Ardi
-        Ricky Hamdan Chandra

XII TKJ A
TAHUN AJARAN 2012 / 2013




PETUNJUK :
o   Tulisan warna merah adalah jawaban yang benar.
o   Tulisan miring disamping pilihan jawaban adalah pembuktian, pernyataan dan alasan penulis memilih jawaban tersebut.
o   Gambar disamping jawaban merupakan pembuktian mengenai alasan penulis tidak memilih jawaban tersebut
o   Tanda “ ^_^ ”  merupakan pernyataan alasan kami memilih jawaban.
Master boot server 28, Poe dan multi tester 19,

1.      Berikut ini yang  bukan fungsi kapasitor pada suatu rangkaian adalah …
a.      Sebagai penguat arus listrik (dimana dibawah dijelaskan bahwa kapasitor hanya berfungsi sebagai penyimpan arus listrik bukan sebagai penguat arus listrik)
b.      Sebagai kopling antar rangkaian
c.       Sebagai pembangkit frekuensi
d.      Sebagai penghemat daya pada lampu neon
e.      Untuk menghilangkan bouncing pada saklar (bouncing = loncatan)
^_^ fungsi umum kapasitor adalah sebagai penyimpan arus listrik sedangkan fungsi khususnya: Pertama adalah sebagai kopling diantara satu rangkaian tertentu dengan rangkaian lainnya di power supply. Kedua, sebagai penyaring / filter didalam rangkaian power supply. Ketiga, dalam rangkaian antenna berfungsi sebagai pembangkit gelombang / frekuensi. Keempat, pada lampu neon adalah untuk penghemat daya listrik. kelima, pada rangkain yang ada terdapat kumparan dan terjadi pemutusan / terputusnya arus maka akan terjadi loncatan listrik, kapasitor lah yang berfungsi untuk mencegah terjadinya loncatan listrik. Keenam, pada mesin mobil dapat dipakai pada rangkaian yang berfungsi menghidupkannya. Dan terakhir pada pesawat penerima radio fungsinya untuk memilih panjang frekuensi / gelombang yang akan ditangkap.


2.      IP Address 10.208.15.240 dalam bentuk binary ditulis sebagai berikut
a.      00001010.11010000.00001111.11111000 = 10.208.15.248
b.      00001010.11010000.00001111.11100000  = 10.208.15.224
c.   00001010.11010000.00001111.11110000 = 10.208.15.240
d.  00001010.11010000.00001111.11010000 = 10.208.15.208
e.  00001010.11010000.00001111.10110000 =10.208.15.176

3.      CPU merupakan otak system computer dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) dan CU (Contoh Unit). Fungsi ALU adalah …
a.      Sebagai pengontrol kerja computer
b.      Sebagai pusat pengolah data
c.       Sebabagai input data
d.      Sebagai penyimpanan data
e.      Sebagai output proses
^_^ Fungus ALU adalah sebagai pusat pengolah dan logika dan perhitungan sesuai dengan instruksi program, dan yang mendekati pada pilihan diatas adalah sebagai pusat pengolah data karena operasi pada komputer memerlukan logika yang dilakukan pada ALU.


4.      Gambar dibawah ini merupakan gambar dari…


a.      Sound Card
b.      NIC
c.       TV Tuner
 
d.      VGA Card (hanya gambar ini yang paling mirip dengan fotocopian, karena memiliki dua, colokan vga, ke monitor.
e.      MIDI Card



5.      Generasi processor Intel ® core TM i7 yang terbaru adalah memiliki soket CPU ….
a.      LGA 1066
b.      LGA 1156
c.       LGA 1266
d.      Sandybridge
e.      LAN 1556
^_^  Prosessor Intel CORE i7 3770 ini mempunyai kecepatan 3.4 Ghz dengan cache besar yaitu 8MB, dapat dipasang pada motherboard socket LGA1155. Processor generasi terakhir dari Intel ini sangat cepat dan dapat dipakai untuk bermain games terbaru dengan halus dan dapat juga dipakai untuk kebutuhan kantor yang membutuhkan kecepatan tinggi seperti Desain, Programming, Arsitek ataupun untuk menunjang bisnis anda.




6.      Gambar di bawah ini adalah salah satu jenis peripheral input yang bernama …
a.      Barcode reader (alat diatas merupakan barcode reader yang digunakan untuk mendeteksi kode – kode khusus pada suatu barang)
b.      Fingerprint
c.       Pen touch
d.      Light pen
e.      digitizer
7.      Pada instalasi printer saat ini, jenis port yang biasanya digunakan adalah …
a.      Serial
b.      Parallel
c.       LPTI
d.      COM
e.      USB
^_^ pada jaman modern sekarang ini, kebanyakan port yang digunakan pada printer adalah USB. Sedangkan port serial, parallel, LPTI dan COM sudah jarang digunakan.
8.      Dalam log sheet perawatan dan perbaikan computer, hal yang perlu dilaporkan meliputi hal berikut, kecuali …
a.      Tanggal dan waktu kapan dilakukan maintenance (perlu dilaporkan karena harus diketahui kapan terakhir kita melkukan maintenance)
b.      Nama peripheral dan spesifikasi (perlu dilakukan karena untuk mengetahui jenis barang yang ingin dilakukan pengecekan)
c.       Gejala kerusakan  (perlu dilaporkan untuk mempermudah identifikasi)
d.      Tindakan korektif yang dilakukan untuk melakukan perbaikan tehadap peripheral (perlu dilaporkan untuk mengetahui langkah yang telah kta ambil dan kita lakukan pada peripheral)
e.      Toko dimana peripheral di beli (toko dimana kita membeli peripheral tidak berpengaruh pada log sheet perawatan dan perbaikan komputer, dikarenakan kerusakan pada peripheral yang kita miliki hanya tergantung pada pemakai saja bukan pada tempat kita membeli suatu barang)
9.      Di bawah ini merupakan peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan perawatan PC, kecuali …
a.      Peyedot debu mini
b.      Kain kering / tissue
c.       Tang crimping (tdak diperlukan dalam melakukan perawatan PC, karena hanya digunakan untuk menyatukan antara kabel dan konektor)
d.      Cairan pembersih / cleaner
e.      Cd cleaner
10.  Keadaan dimana suatu system operasi dapat menjalankan banyak kerjaan (banyak perintah) pada waktu yang bersamaan disebut …
a.      Multitasting (Banyak tugas atau tugas ganda (Bahasa Inggris :Multitasking) adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada sebuah metode dimana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumberdaya CPU yang sama)
b.      Multiuser (adalah suatu sistem dimana lebih dari satu user menggunakan secara bersama satu atau lebih perangkat keras atau piranti)
c.       Multiconsole (dimana pada saat bersamaan di depan komputer langsung tanpa harus melalui jaringan dan memungkinkan lebih dari satu user masuk ke windows)
d.      System call (adalah tata cara pemanggilan di program aplikasi untuk memperoleh layanan yang disediakan oleh sistem operasi)
e.      Management (adalah kumpulan perangkat, teknik, dan strategi untuk mempertahankan, menganalisis, mengorganisasi, meningkatkan, dan membagikan pengertian dan pengalaman)

11.  Pada instalasi Linux Redhat 9, memori minimal direkomendasikan untuk install mode text adalah …
a.      24 MB
b.      32 MB
c.       64 MB
d.      128 MB
e.      256 MB (dari pilihan diatas pilihan ini merupakan kapasitas memori yang paling besar ukurannya, sedangkan dalam penginstalan diperlukan memori yang berkapasitas tinggi)

12.  Perintah untuk mematikan system Linux adalah …
a.      Shutdown (perintah mematikan pada windows)
b.      Restart (untuk merestart pada windows)
c.       Quit (untuk keluar dari suatu apllikasi)
d.      Shutdown –r now  (untuk merestart di linux)
e.      Shutdown –h now (karena diantara jawaban yang tertera diatas jawaban ini yang paling tepat, pilihan ini memang merupakan cara mematikan di linux, menggunakan –h karena merupakan kepanjangan dari hult)
13.  Salah satu kelebihan jaringan client server adalah …
a.      System keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena terdapat sebuah computer yang bertugas sebagai administrator jaringan, yang mengelola administrasi dan system keamanan jaringan.
b.      Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi-pakai fasilitas yang dimilikinya seperti:harddisk,driver,fax/modem, dan printer.
c.       Biaya operasional lebih murah.
d.      Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server,sehingga bila salah satu komputer/peer mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan
e.      System keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user dengan mengatur keamanan masing-masing fasilitas yang dimiliki

14.  Topoliogi jaringan dibawah ini termasuk topologi …
 

a.      Star
b.      Bus
c.       Ring
d.      Tree
e.      Mesh (Jenis topologi ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Berbeda dengan jenis topologi yang lain, topologi mesh memiliki hubungan yang berlebihan antara peralatan-peralatan yang ada. Jadi susunannya, setiap peralatan yang ada di dalam jaringan saling terhubung satu sama lain. Dan setiap peripheral pada jaringan ini dihubungkan secara langsung (point to point) ke setiap peripheral yang berada di dalam jaringan)
15.  Tipe jaringan computer yang memiliki ciri: bandwith yang tinggi dan latency yang rendah, adalah jaringan …
a.      LAN
b.      WAN (dari penjelasan dibawah, kami menyimpulkan memilih jawaban ini karena WAN merupakan koneksi antar pulau yang apabila memiliki kecepatan atau bandwith yang tinggi namun untuk sampai kepada tujuan memerlukan latency (waktu) yang cukup lama.
c.       Hybrid
d.      MAN
e.      Ring
^_^ Latency dan bandwidth adalah dua faktor yang sangat menentukan dalam kecepatan koneksi jaringan. bandwith adalah besaran yang menunjukan berapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam suatu koneksi dalam network dan Latency adalah jumlah waktu yang dibutuhkan paket data untuk berpindah di seluruh koneksi jaringan.
16.  Jumlah host per subnet untuk IP address 192.168.100.1/29 adalah …
a. 6
^_^ Rumus : pada IP diatas terdapat 29 angka 1 dan 3 angka 0
Jadi 2n - 2     => 23 - 2 = 6

b.      8
c.       16
d.      24
e.      32
17.  Cara membaca IP Address kelas A, misalnya 113.46.5.6 adalah …
a.       Network ID = 133 Host  ID = 46.5.6 (karena kelas A = 255.0.0.0 dan yang tertera sebagai 225 adalah network maka  0 adalah host)
b.      Network ID = 113 Host ID = 5.6 (kelas B = 255.255.0.0)
c.       Network  ID = 133. 46 5 Host ID = 6 (kelas C = 255.255.255.0)
d.      Network  ID = 133. 46.5.6 Host ID = 0
e.      Network ID =  0 Host ID = 133.46.5.6
18.  Host ID untuk IP Address kelas C adalah …
a.       24 bit terakhir
b.      18 bit terakhir ankhir
c.       12 bit terakhir
d.      8 bit terakhir  (kelas C = 255.255.255.0 sama dengan apabila dituliskan IIIIIIII.IIIIIIII.IIIIIIII.00000000, Jadi host adalah yang angka yang bernilai 0)
e.      4 bit terakhir
19.  Untuk memeriksa hasil pemasangan konektor RJ 45 pada kabel UTP digunakan …
a.       Tang crimping (adalah alat untuk mengeratkan konektor)
b.      Multitester
c.       LAN tester  (digunakan untuk memeriksa kecocokan pemasangan konektor dengan kabel UTP)
d.      POE
e.      Konektor (alat yang digunakan untuk menghubungkan kabel UTP ke PC / laptop.
20.  Gambar di bawah ini merupakan komunikasi bridge dengan konfigurasi …
a.       Poin to poin 
b.      Multipoint to Poin
c.       Poin  to multipoint
d.      Multipoint to multipoint
e.      Point to point multipoint
^_^ Mode koneksi point to multipoint wireless adalah mode koneksi jaringan wireless mirip dengan mode koneksi jaringan dengan toplogi star atau bintang, dimana ada satu Akses Point menjadi titik pusat koneksi jaringan. Secara sederhana mode koneksi point to multi point wireless dapat di aplikasikan, pada saat kita ingin membangun koneksi elbih dari dua jaringan lan dengan wireless.

Misalnya pada suatu pusat penelitian yang memiliki lebih dari dua gedung ( 3 gedung ) ingin dibangun suatu jaringan terintegrasi, sehingga jaringan LAN di setiap gedung dapat saling berinteraksi atau berkomunikasi dan dapat saling berbagi resources seperti koneksi internet, sharing folder, penggunaan aplikasi bersama, sharing printer, sharing fax. Dengan harapan jika seluruh jaringan lan di tiap gedung terhubung dan terintegrasi dalam suatu jaringan komputer kantor/kampus pusat penelitian.


Langkah-langkah sederhana untuk aplikasi yang harus di perhatikan, yaitu :
1. Jarak antar gedung gedung yang ada
2. Kondisi sekitar antar gedung apakah terhalang oleh pepohonan atau gedung lain atau tidak.
3. Kondisi alam apakah rawan bahaya petir atau tidak.

21.  Kombinasi pengkabelan straight pada jaringan computer yang sesuai dengan standar Internasional adalah …
a.      White orange - orange – white green – green – white blue – blue – white brown – brown
b.      White orange – orange – white green – blue – white blue – green – white brown – brown (merupakan standar internasional yang telah ditetapkan)
c.       white green – green - White orange – blue - white blue – orange - white brown – brown
d.      white orange – orange – white green – green – white blue – blue – white brown – brown
e.      orange – white orange – green – white green – white blue – blue – white brown - brown
22.  Utilitas Ping digunakan untuk mengetahui konektivitas yang terjadi dengan jaringan sudah berjalan dengan baik, utilitas yang digunakan adalah …
a.       Kartu jaringan
b.      Host name
c.       Workgroup
d.      IP Address  ( ping digunakan agar kita mengetahui apakah IP address yang kita masukkan sudah sesuai / cocok)
e.      Phisycal Adapter
23.  Untuk mendeteksi apakah hubungan computer dengan jaringan sudah berjalan dengan baik, utilitas yang digunakan adalah …
a.       Is (perintah menampilkan opsi atau pilihan pada linux)
b.      Clear (perintah membersihkan layar pada linux)
c.       Man
d.      Tracert( adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan)
e.      Ping (agar kita mengetahui hubungan antara komputer dan jaringan maka kita melakukan proses penge-ping-an)
24.  Jika nomor IP tidak dikenal dalam jaringan, maka akan muncul pesan …
a.       Request Time Out (karena RTO adalah tanda dimana permintaan kita sudah tidak  diproses dan mengartikan bahwa IP tidak dikenali)
b.      Time to Live  (adalah jumlah maksimum node yang bisa dilewati oleh paket sampai paket mencapai tujuan)
c.       Time to Leave
d.      Data Pending
e.      Repply for All
25.  Perangkat jaringan yang berfungsi sebagai penghubung / concentrator dalam jaringan wireless adalah …
a.       Hub (penerima sinyal dari satu komputer kemudian mentransmisikan ke komputer lain)
b.      Access point (alat yang digunakan untuk menghubungkan PC ke internet)
c.       Bridge (alat yang digunakan untuk menghubungkan satu LAN dengan LAN lainnya)
d.      Switch (fungsinya sama dengan HUB tapi switch lebih mengenal adanya MAC Address)
e.      Modem (menghubungkan PC dengan internet)
26.  Jenis kabel UTP dengan konektor RJ45, maka indikasi kerusakan yang dapat dilihat adalah …
a.       Lampu indikator tidak hidup pada NIC
b.      Lampu indikator tidak hidup pada Hub
c.       Lampu indikator tidak hidup pada NIC dan pada Hub
d.      Lampu indikator hidup berkedip-kedip pada NIC atau pada Hub
e.      Lampu indikator hidup secara berkedip-kedip pada NIC
^_^ apabila konektor RJ45 rusak maka bisa kita lihat apabila HUB dan NIC tidak menyala atau memunculkan tanda – tanda baik apapun, karena apabila konektor tersebit bagus maka lampu pada hub akan menyala)
27.  LILO (Linux Loader) merupakan program yang pertama kali dijalankan ketika computer dinyalakan. Jika hanya ada satu system operasi pada system maka LILO diinstal pada …
a. Master Boot Sector (MBR) atau Catatan Boot Utama dalam sistem Intel x86   dan x86-64 adalah sebutan untuk [Sektor (sistem berkas.
·         Tabel partisi yang berisi daftar partisi apa saja yang terdapat dalam hard disk yang bersangkutan.
# Pada saat melakukan proses booting, MBR memiliki tugas berikut:
·         Mencari partisi yang aktif (yang dapat melakukan proses booting) dalam tabel partisi.
·         Mencari sektor pertama dari partisi yang aktif untuk mendapatkan boot sector dari partisi tersebut.
·         Memuat salinan boot sector dari partisi yang aktif ke dalam memori.
·         Memberikan kontrol selanjutnya kepada kode yang dapat dieksekusi di dalam boot sector.
b.  Boot sector dari partisi root
c.       Partisi user (berisi library, binary, dokumentasi dan file lainnya hasil instalasi user)
d.      Partisi home (berisi direktori-direktori yang merupakan direktori home untuk user biasa dan aplikasi tertentu)
e.      Partisi swap
28.  Pada Ms. Windows 2003 Server untuk mengkonfigurasi Web Server kita pilih menu …
a.      Cluster Administrator
b.      Routing and Remote Access
c.       DNS
d.      Internet information Server (IIS) (Manager Server web adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Server web yang terkenal diantaranya adalah Apache dan Microsoft Internet Information Service (IIS). Apache merupakan server web antar-platform, sedangkan IIS hanya dapat beroperasi di sistem operasi Windows.berikut gambarnya :
e.      Data Sources (ODBC)
29.  Untuk memastikan hasil instalasi OS jaringan Linux telah behasil dengan sukses, dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini, kecuali …
a.      Operasi file
b.      Operasi directori (directori  merupakan alat yang berfungsi sebagai pembagian paritisi pada SO jadi tidak perlu dilakukan)
c.       Operasi lisensi
d.      Operasi disk
e.      Operasi kompresi dan instalasi
30.  Teks Perintah untuk memeriksa IP address di OS Linux adalah …
a.      Config
b.      Setconfig
c.       Read config
d.      Ipconfig
e.      Ifconfig (seperti yang sering kami pelajari apabila di linux ubuntu maka yang digunakan adalah ifconfig)
31.  Perintah berbasis teks yang berfungsi untuk memantau koneksi jaringan pada suatu computer, baik itu jaringan local (LAN) maupun jaringan internet adalah …
a.      Ping (dipilih karena sesuai dengan pengertian pada pernyataan soal)
b.      Netstat
c.       Tracert
d.      Looklan
e.      Host
32.  Untuk melihat indikasi pada konfigurasi IP yang terpasang pada computer dengan system operasi windows adalah dengan perintah …
a.      ifconfig
b.      ipconfig (berbeda halnya dengan SO windows, pada SO ini kita menggunakan ipconfig untuk melakukan pengecekan konfigurasi iip yang dipasang pada PC kita)
c.       isconfig
d.      cpconfig
e.      isconfig
33.  Berikut ini manakah yang tidak termasuk dalamm jenis konektivitas WAN?
a.      Circuit Switching
b.      Packet Switching
c.       OSPF
d.      Leased Line
e.      BGP
34.  Pada model referensi OSI, Internet Protocol (IP) berada pada layer …
a.      Application (barada pada OSI layer 1, dan untuk konfigurasi DNS, FTP HTTP dll.)
b.      Session (berada pada OSI layer 3, dan untuk mengatur NETBIOS)
c.       Transport (berada pada OSI layer 4, untuk mengatur TCP dan UDF)
d.      Network (berada pada OSI layer 5, untuk mengatur IP, RIP, ARP dan RARP)
e.      Internet
35.  Protokol yang digunakan untuk mengirim e-mail dari client ke server atau dari server ke server yang lain adalah …
a.      SNMP Simple Network Management Protocol (SNMP) adalah spesifikasi manajemen jaringan yang dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF), sebuah bagian dari Internet Activities Board (IAB), pada pertengahan tahun 1980-an sebagai standar manajemen untuk produk-produk jaringan berbasis LAN, seperti bridge, router, dan wiring concentrator. SNMP didesain untuk mengurangi tingkat kompleksitas dari manajemen jaringan dan banyaknya Sumber daya yang dibutuhkan untuk mendukung manajemen tersebut. Adanya SNMP memungkinkan manajemen jaringan yang tersentralisasi, kuat, dan kompatibel pada semua platform. Selain itu, SNMP memberikan fleksibilitas untuk manajemen informasi-informasi yang dimiliki oleh vendor produk tertentu.
b.      FTP FTP ( File Transfer Protocol ) adalah sebuah protocol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) computer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. FTP atau protocol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga diantara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai.
c.       POP3 POP3 adalah kepanjangan dari Post Office Protocol version 3, yakni protokol yang digunakan untuk mengambil email dari email server. Protokol POP3 dibuat karena desain dari sistem email yang mengharuskan adanya email server yang menampung email untuk sementara sampai email tersebut diambil oleh penerima yang berhak. Kehadiran email server ini disebabkan kenyataan hanya sebagian kecil dari komputer penerima email yang terus-menerus melakukan koneksi ke jaringan internet.
d.      SMTP adalah singkatan dari Simple Mail Transport Protocol. Protokol ini menetapkan proses pengiriman dan penerimaan e-mail dalam jaringan komputer, seperti internet. Sebenarnya, SMTP itu sendiri berfungsi untuk mengatur lalu lintas e-mail antara berbagai server. Sementara, POP3 berfungsi untuk mengirimkan e-mail ke Client.
e.       HTTPS https adalah versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris. Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port HTTPS adalah 443.


36.  Menurut referensi OSI, layer/lapisan protokol berjumlah …
7th
- Layer : Application
Services
6th
- Layer : Presentation
Services
5th
- Layer : Session
Communications
4th
- Layer : Transport
Communications
3rd
- Layer : Network
Communications
2nd
- Layer : Data-link
Physical connections
1st
- Layer : Physical
Physical connections
a.      3
b.      4
c.       5
d.      6
e.      7
Pembuktian Tabel : MODEL OSI

37.  Terjadinya kerusakan pengiriman data pada suatu jaringan computer dikenal dengan istilah …
a.      Collision Pengertian data collition adalah adanya sinyal simultan dari dua node pada jaringan. Tabrakan dapat terjadi ketika dua node masing-masing berpikir jaringan idle dan mulai baik transmisi pada waktu yang sama. Kedua paket yang terlibat dalam tabrakan yang rusak menjadi fragmen dan harus melakukan retransmitted.
Akibatnya data tidak akan sampai ke tujuan.
b.      Fusion adalah produk Mesin virtual yang dikembangkan oleh VMware untuk komputer berbasis Macintosh dengan processor Intel.
c.       Broken = patah (dalam bhs. Inggris)
d.      Attacking Serangan DoS (bahasa Inggris: denial-of-service attacks') adalah jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar sehingga secara tidak langsung mencegah pengguna lain untuk memperoleh akses layanan dari komputer yang diserang tersebut.
e.      explodev merupakan string function yang digunakan untuk memisahkan string
38.  Besar memory swap adalah …
a.      1 x memory fisik
b.      2 x memory fisik Untuk sistem desktop, gunakan ruang swap dua kali memori sistem, karena itu akan membuat anda dapat menjalankan aplikasi lebih banyak (aplikasi yang dalam keadaan “idle” dapat kemudian dengan mudah di”swap” keluar sehingga lebih banyak RAM yang tersedia untuk aplikasi aktif.
c.       3 x memory fisik
d.      4 x memory fisik
e.      5 x memory fisik
39.  Domain Name Server (DNS) adalah suatu system, yang memungkinkan nama suatu host pada jairngan computer atau internet ditranslasikan menjadi …
a.      Broadcast address
b.      Host ID
c.       IP address DNS merupakan sebuah aplikasi service yang biasa digunakan di internet seperti web browser atau e-mail yang menerjemahkan sebuah domain ke IP address.
d.      Home ID
e.      Protocol
40.  Program berikut ini yang berfungsi sebagai proxy server adalah …
a.      Samba
b.      Squirrel
c.       Phyton
d.      Squid aplikasi squid digunakan pada proxy server karena merupakan aplikasi standar yang mudah dan umum digunakan dan merupakan bawaan dari linux ubuntu.  
e.      Apache
41.  WEP adalah jenis keamanan yang digunakan untuk memberikan layanan …
a.      Identifikasi
b.      Koneksi cepat
c.       Seleksi akses
d.      Autentikasi
e.      Seleksi frekuensi
^_^, WEP adalah suatu metode pengamanan jaringan nirkabel, merupakan standar keamanan & enkripsi pertama yang digunakan pada wireless. Untuk melindungi komputer dengan mempersulit identifikasi pada jaringan yang tidak dikenal dan yang dianggap berbahaya.
42.  Keamanan computer (computer security) melingkupi empat aspek, yaitu privacy, integrity, authentication, dan availability. Berikut ini aspek yang menekan bahwa informasi tidak boleh diubah tanpa seijin pemilik informasi, adalah aspek …
a.      Privacy / confidentiality merupakan usaha untuk menjaga informasi dari orang yang tidak berhak mengakses. Confidentiality biasanya berhubungan dengan informasi yang diberikan ke pihak lain
b.      Authentication agar penerima informasi dapat memastikan keaslian pesan tersebut datang dari orang yang dimintai informasi, dengan kata lain informasi tersebut benar-benar dari orang yang dikehendaki.
c.       Availability Aspek availability atau ketersediaan berhubungan dengan ketersediaan informasi ketika dibutuhkan. Sistem informasi yang diserang atau dijebol dapat menghambat atau meniadakan akses ke informasi. 
d.      Integrity keaslian pesan yang dikirim melalui sebuah jaringan dan dapat dipastikan bahwa informasi yang dikirim tidak dimodifikasi oleh orang yang tidak berhak dalam perjalanan informasi tersebut.
e.    Security  Security adalah merupakan tindakan untuk memproteksi kejahatan untuk mencuri atau memodifikasi data dalam sistem database.

43.  Suara yang digunakan pada saat proses pembacaan / pendeteksian peralatan dalam proses POST disebut …
a.      Clock (bhs. Inggris = jam)
b.      Nada (bunyi yang beraturan yang memiliki frekuensi tunggal tertentu)
c.       Error (pesan kerusakan)
d.      Sound (bhs. Inggris = suara)
e.      Beep (kode suara yang digunakan pada proses POST)
44.  Apabila ternyata harddisk tidak terkena virus, namun computer tidak dapat booting maka kemungkinannya adalah …
a.      File Sistem Operasi rusak (menyebabkan komputer tidak bisa booting karena file system operasi tidak bisa lagi membaca data)
b.      Prosessor overhead (mengakibatkan PC / laptop menjadi hang dan bahkan mati)
c.       RAM (Random access memory, adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.
d.      Tidak ada antivirus (bisa booting, namun komputer tidak terlindungi)
e.      Sistem Operasi tidak original (tidak mempengaruhi system operasi pada saat proses booting)
45.  Jika terjadi permasalahan berupa: kinerja booting sampai ke windows berjalan lambat, maka kemungkinan terjadi kesalahan pada …
a.      Program aplikasi
b.      Hardware komputer rusak
c.       System operasi (apabila salah satu file yang ada pada suatu system operasi tidak lengkap maka mengakibatkan proses pembacaan (booting) menjadi lambat)
d.      Software yang rusak
e.      Driver yang belum diinstall
46.  Suatu aturan dimana pemilik program tetap memegang haknya, tetapi orang lain dimungkinkan untuk menyebarkan dan memodifikasi dengan syarat source code asli harus diikutsertakan dalam distribusinya disebut …
a.      GPL (General Public License) dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi lisensi publik umum) merupakan suatu lisensi perangkat lunak bebas yang aslinya ditulis oleh Richard Stallman untuk proyek GNU. Lisensi GPL memberikan penerima salinan perangkat lunak hak dari perangkat lunak bebas dan menggunakan copyleft untuk memastikan kebebasan yang sama diterapkan pada versi berikutnya dari karya tersebut
b.      TTL (Time to Live)  TTL adalah jumlah maksimum node yang bisa dilewati oleh paket sampai paket mencapai tujuan
c.       OEM (Original Equipment Manufacturer) Pengertian OEM secara umum adalah perusahaan yang membuat produk untuk pihak lain untuk dikemas ulang dan jual. Jadi OEM adalah produk ORIGINAL tanpa kemasan mewah. Yang harus diperhatikan dalam membeli produk OEM adalah ketelitian karena banyak sekali produk palsu yang mengaku sebagai ORIGINAL.
d.      RTO (Request Time Out) adalah ketika Komputer server tidak merespon permintaan koneksi dari klien setelah beberapa lama (jangka waktu timeout bervariasi)
e.      OEP (Overseas Employment Promoters) promoter kerja luar negeri, merupakan pihak yang mempromosikan suatu produk di luar negeri.
47.  Program utility yang digunakan untuk menampilkan jalur yang ditempuh paket ke tujuan dalam system operasi windows adalah …
a.      Netstat digunakan untuk mengetahui koneksi apa saja yang keluar masuk dalam sebuah jaringan
b.      ipconfig adalah salah satu perintah pada sistem operasi windows yang berfungsi untuk menampilkan konfigurasi IP komputer. Dengan menggunakan utilitas ini maka user dapat melihat konfigurasi apa saja yang telah diatur di komputernya.
c.       nslookup adalah tool yang digunakan untuk mengetahui ip dari sebuah domain
d.      ping adalah sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa Induktivitas jaringan
e.      tracert adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan
48.  Dua software yang digunakan untuk boot loader adalah …
a.      GRUB dan FIFO
b.      GRUB dan LIFO
c.       GRUB dan LILO singkatan dari GRand Unified Bootloader, dan Linux Loader
d.      LIFO dan SWAP
e.      LILO dan SWAP
^_^ GRUB. Pada proses booting, program yang dijalankan pertama kali setelah BIOS selesai adalah GRUB (bila telah meng-install Linux). GRUB singkatan dari GRand Unified Bootloader, yaitu program kecil yang menampilkan pilihan sistem operasi pada saat proses booting sehingga nantinya dapat melakukan multiple boot. GRUB sangat berguna apabila kita menginstall lebih dari satu sistem operasi pada satu komputer, misalnya Microsoft Windows XP dan Linux Ubuntu. Istilah kerennya adalah dual booting. Biasanya default sistem operasi pada menu GRUB adalah Linux Ubuntu. Istilah “default” disini artinya adalah sistem operasi yang akan dijalankan secara otomatis apabila kita tidak memilih sistem operasi lain pada daftar menu GRUB. GRUB dapat di konfigurasi sesuai keinginan. Namun apabila salah dalam pengeditan maka saat booting GRUB tidak akan dapat masuk ke system operasi yang tersedia. Letak konfigurasi GRUB adalah /boot/grub/menu.lst
LILO (LInux LOader)
LILO mempunyai kepanjangan Linux LOader adalah loader boot, yang dapat digunakan untuk memilih Linux, MS-DOS atau sistem operasi lain pada saat boot. Lilo ini biasanya terdapat pada distribusi RedHat dan turunannya. Lilo biasanya digunakan pada mesin intel-compatible. Tidak perlu melakukan penginstalan LILO karena sewaktu kita menginstall Linux RedHat dan turunannya maka LILO secara otomatis akan ikut terinstall. Pada LILO juga dapat di lakukan konfigurasi seperti GRUB. Letak konfigurasi LILO adalah /etc/lilo.conf
FIFO merupakan singkatan dari First in first out atau dalam bahasa Indonesia, Pertama masuk pertama keluar yang berarti bahwa persediaan yang pertama kali masuk itulah yang pertama kali dicatat sebagai barang yang dijual.
LIFO merupakan singkatan dari Last in first out atau dalam bahasa Indonesia, Terakhir masuk pertama keluar yang berarti bahwa persediaan yang terakhir masuk adalah barang yang pertama kali dicatat sebagai barang yang dijual. Sejak tahun 1970-an, perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat memilih untuk menggunakan sistem LIFO untuk mengurangi pajak pada saat terjadi inflasi
SWAP AREA adalah satu bagian dari hard disk yg digunakan sebagai backup RAM apabila suatu saat RAM sudah tidak sanggup menangani proses yg dijalankan maka swap area ini akan membantu dengan bertindak seolah2 sebagai RAM
49.  Permasalahan yang sering muncul setelah pemasangan / instalasi WAN adalah sebagai berikut, kecuali …
a.      Jarak yang jauh
b.      Gangguan cuaca
c.       Kerusakan komponen
d.      Desain jaringan (tidak berpengaruh pada masalah instalasi WAN karena desain jaringan dilakukan pada saat sebelum melakukan instalasi sedangkan keterangan soal dilakukan setelah pemasangan / instalasi)
e.      Interferensi frekuensi (Interferensi adalah interaksi antar gelombang di dalam suatu daerah sedangkan frekuensi adalah ukuran jumlah putaran ulang per peristiwa dalam satuan waktu yang diberikan)

50.  Yang tidak mempengaruhi penerimaan sinyal data ke titik akses pada perangkat jaringan WAN adalah …
a.      Besarnya bandwith yang digunakan
b.      Besarnya penguatan antenna
c.       Transmit dari wireless radio
d.      Pemasangan lighting arrester (pembuangan aliran listrik pada suatu petir)
e.      Polaritas dan arah antenna

5 comments:

hisyam said...

salah gan no 38 sama 25
harusnya 38 c 25 a

hisyam said...

Gan salah no 25 sama 38
harusnya 25 A 38 C

hisyam said...

Gan no 25 sama 38 salah
harusnya 25 A 38 C
makasih

kandang syukur said...

pertmbangannya apa bang??

Unknown said...

nomor 15 harusnya A

Post a Comment